Sinzo Sakurata Blog

Kehilangan ide dan inspirasi

Posted on: May 9, 2009

Setiap orang saya rasa mungkin pernah mengalami bagaimana rasanya saat kehilangan ide ataupun inspirasi. Semua itu bisa di akibatkan karena aktifitas yang berlebihan sehingga mengkibatkan kelelahan ataupun masalah sehari-hari.

Itulah yang saya rasakan sebulan kemarin, dimana pekerjaan yang sangat menumpuk dan akibatnya saya menjadi stuck dan kehilangan ide. semua itu di kerenakan saya yang berkerja ibarat setrikaan dari 1 projek ke projek lain dalam satu waktu sehingga mengakibatkan kurangnya konsentrasi/fokus dalam bekerja  “Maklum namanya juga freelance, klo cuma 1 projek takutnya gak bisa bayar internet…hehehehe!!!  jadinya semua di hajar deeeh”.

Image000_1

Pada bulan itu saya mendapat 4 pekerjaan sekaligus dari perusaan yang berbeda yang perkerjaannya diantaranya : webdesain+xhtml, psdtoxhtml, email html dan email brochure dan mengharuskan saya bekerja sampai 15jam/hari.

Di minggu pertama saya mengerjakan webdesain dan email html dari 2 perusahaan berbeda dan pada saat itu saya masih bisa menghandle semua namun pada saat minggu kedua datanglah 1 pekerjaan lagi yaitu desain email brochure lalu beberapa hari kemudian bertambah 1 lagi yaitu psdtoxhtml sehingga di minggu kedua itu saya mengerjakan 4 pekerjaan dari perusahaan yang berbeda.

Namun saya hadapi semua pekerjaan itu dengan santai saja kerena apabila saya bawa sibuk tar takutnya saya menjadi STRESS…. jadinya santai aja lagi. pertama sih prioritaskan yang paling penting dari semua projek tersebut, sebenarnya semuanya Penting sih maksudnya prioritaskan yang paling urgent dan mengharuskan sesegera mungkin selesai dan yang lainnya sih kita lobby aja lagi dan kita coba aja mundurin waktunya toh mereka juga pasti mengerti dan kita berikan kepastian kepada klien kita kapan kita bisa mengerjakannya dan kapan selesainya.

Selama sebulan itu bener2 seperti setrikaan yang bulak-balik terus dari satu pekerjaan ke perkerjaan lain, dimana pada saat kita mengerjakan 1 perkerjaan tiba-tiba klien yang satu memberikan perkerjaan dan akhirnya kita mengerjakan perkerjaan yg satunya lalu setelah itu balik lagi ke perkerjaan semula.

Sampai akhirnya satu per satu pekerjaan selesai dan hati rasanya tenang karena beban sudah berkurang. Namun setelah pekerjaan itu semua selesai entah kenapa saya menjadi kehilangan ide dan inspirasi sampai-sampai klien saya bilang ” this is like a joke, this is not your designs…” dan pada saat itu saya langsung bilang klo saya sedang stuck dan tidak ada ide dan klien saya pun mengerti lalu dia minta saya untuk beristirahat.

Karena saya bekerja di kamar trus dan mungkin itulah mengapa saya jadi stuck dan sayapun mencoba berpindah-pindah kerja mulai dari kosan temen, kantor, sampe mall/cafe semua di coba untuk menghilangkan kejenuhan dan hasilnya sangat efektif apalagi di mall/cafe lumayan bisa cuci mata hehehehe.

Setelah itu klien sayapun merasa puas dengan hasil kerja saya.

Hiburan memang sangat penting untuk meningkatkan produktifitas dan kinerja kita dalam bekerja karena itu sekarang saya mulai pindah2 kerja lagi hehehe…. supaya tidak Stress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: